Senin, 30 April 2012

Cara Hewan melindungi diri dari musuhnya

 Pada umumnya hewan memiliki bagian tubuh yang berguna untuk melindungi diri dari musuhnya,
Dalam artikel kali ini akan dijelaskan hewan hewan yang mengulas bagian tubuh beberapa hewan yang melindunginya dari musuhnya.








  • Bunglon
 Bunglon biasanya hidup di pohon, tapi keberadaannya tidak disadari oleh musuhnya. kenapa? karena warna kulitnya dapat berubah ubah mirip dengan warna lingkungannya.  Kemampuan ini melindungi dan menghindarkan Bunglon dari musuhnya ( Cara Mimikri )




  • Walang Sangit
  Walang sangit adalah hama padi, hewan ini melindungi diri dari musuhnya dengan mengeluarkan bau menyengat agar musuh menjauhinya




  • Walang Daun
Walang daun mempunyai bentuk dan warna tubuh yang menyerupai daun, keadaan ini dapat menguntungkan 
Walang daun, karena dengan mudah ia dapat bersembunyi di daun tanpa diketahui musuhnya.

  • Harimau, Anjing dan Singa
Ketiga binatang ini mempunyai Kuku dan gigi yang tajam untuk melindungi dirinya, jika musuh datang mereka akan menggunakan kuku dan gigi mereka. Apalagi hewan yang punya Gigi dan kuku yang tajam?

  • Sapi, Kambing, Kerbau, Kijang
keempat binatang ini mempunyai tanduk yang runcing, mereka menggunakannya ketika menghadapi musuh, mereka dapat menyeruduknya.

  • Kalajengking, Kelabang, Lebah
Mereka menggunakan sengatnya untuk mempertahankan diri dari musuh, hewan tersebut mengeluarkan zat racun untuk membunuh musuh

  • Ular
Ular ada dua jenis, yang berbisa dan yang tidak berbisa, jadi cara melindunginya juga berbeda

  1. Yang berbisa : Ular menginggit musuhnya, Bisa itu mengalir dari gigi ular ke tubuh musuh, dan bisa dapat membuat musuhnya mati.
  2. Yang tidak berbisa : mereka melindungi diri dengan cara membelitkan tubuhnya ke tubuh musuh, belitan ular yang kuat dapat membuat musuhnya mati
  • Cumi Cumi
Cumi cumi / Gurita melindungi musuh dengan cara menyemprotkan tinta untuk mengelabui musuh, sehingga musuh tak dapat melihatnya, disaat musuh lengah Cumi cumi / Gurita berenang cepat menghindari musuh musuh mereka.

  •  Siput
Siput mempunyai pelindung tubuh yang keras yang biasa disebut RUMAH SIPUT , hewan ini masuk kedalam rumahnya untuk menghindari musuhnya

  • Musang dan Kumbang
Musang dan kumbang berbeda lagi, mereka berpura pura mati untuk mengelabui musuhnya,  jadi jika musuhnya melihat mereka mati ( pura pura ) mereka akan pergi, ketika musuh sudah pergi , dengan cepat Musang dan Kumbang segera pergi

  • Cecak
Cecak mempunyai perlindungan yang unik, apabila ekor cicak terpegang oleh musuh cecak akan melepaskan ekornya, jadi musuh hanya akan mendapat ekor cicak yang lepas itu, sementara ekor cicak dapat tumbuh lagi ( Cara Autotomi )

3 Komentar:

Pada 28 September 2015 pukul 05.53 , Blogger Unknown mengatakan...

gan, istilah untuk perlindungan cumi cumi apa ya?

 
Pada 11 Oktober 2016 pukul 03.22 , Blogger Unknown mengatakan...

gak ada kura-kura

 
Pada 22 November 2018 pukul 05.24 , Blogger hahaha mengatakan...

Hallo sahabat poker & domino Indonesia, Kami dari S1288POKER ingin mengajak para sahabat untuk bermain bersama di website kami, kami merupakan agen poker dan agen domino online Indonesia yang telah lama melayani member setia kami, website kami menjamin keamanan deposit member dan data member kami tentunya, jadi tunggu apa lagi? segera gabung bersama kami. (PIN BBM : 7AC8D76B)

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda